panduan membuka online shop

tips panduan yang harus dilakukan saat membuka online shop

keuangan bisnis online

Untuk lebih jelasnya mengenai software akuntansi ini, Anda bisa membacanya di bawah ini. Para reseller, dropshipper dan pelaku bisnis online biasanya menjual produknya di beberapa kanal e-commerce. Kamu bisa memisahkan penjualan dan biaya operasional yang dikeluarkan untuk setiap kanal e-commerce di pembukuan terpisah dengan fitur ini. Buku terakhir yang perlu Anda siapkan untuk membuat pembukuan keuangan secara sederhana adalah buku laba rugi. Buku laba rugi digunakan untuk mencatat pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu. Dengan melakukan pencatatan tersebut Anda bisa mengetahui apakah perusahaan sedang dalam kondisi memiliki profit atau justru rugi. Pada perusahaan dengan skala besar, laporan laba rugi juga berfungsi untuk menentukan nilai investasi dan juga memprediksi jumlah arus kasa di masa yang akan datang.

Jika Anda baru saja menjalankan usaha buatlah buku laba rugi yang rapi namun tetap mudah untuk dipahami. Karena jika terlalu berantakan justru akan menyusahkan Anda dikemudian hari untuk membaca dan menganalisanya.

Buat Anda yang memiliki bisnis kecil, menengah, ataupun sudah besar bisa menjadikan software akuntansi TurboCash. Memiliki bisnis online terpercaya artinya semua pembayaran juga dilakukan secara online yakni transfer. Sebaiknya, Anda mencatat lalu lintas atau arus kas bisnis online shop, misalnya uang yang masuk for each harnya.

Setelah memiliki buku kas pengeluaran selanjutnya yang perlu dipersiapkan juga adalah buku kas pemasukan. Buku kas pemasukan ini nantinya akan Anda gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pemasukan perusahaan. Misalnya jumlah penjualan produk yang berhasil didapatkan perhari maupun piutang yang telah dibayarkan. Pencatatan transaksi pemasukan ini juga harus kontinu dilakukan setiap hari untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembuatan pembukuan bulanan perusahaan. Dengan memiliki buku kas pengeluaran dan pemasukan yang tertib dicatat setiap hari Anda akan mengetahui berapa jumlah keuntungan yang diperoleh dalam satu hari.

Penghasilan dan pengeluaran bisnis tidak seharusnya digabungkan dengan keuangan pribadi. Jika Anda memilih untuk menggunakan rekening bank, pisahkanlah rekening bank perusahaan dengan rekening bank pribadi Anda. Terkadang uang yang seharusnya digunakan untuk operasional bisnis pun akan ikut terpakai. Anda juga bisa melihat berapa besar biaya operasional, berapa uang yang harus disisihkan untuk ditabung, dan lainnya. Selain itu, jangan mudah tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan untuk bisnis online Anda.

Selain mengitung laba rugi, yang paling utama dalam mengelola akuntansi bisnis online kamu adalah membuat pembukuan yang baik dan mudah untuk dibaca. Pembukuan ini mencakup seluruh transaksi selama periode tertentu, mulai dari biaya pemasukan dan biaya pengeluaran. Fungsi dari pembukuan adalah sebagai kontrol keuangan untuk mengetahui perkembangan bisnis. Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis online yang mengelola sendiri keuangannya, penting untuk memisahkan pos-pos keuangan Anda.

Dengan begitu, Kamu tidak akan mengalami kekeliriuan saat melakukan pembukuan nantinya. Dengan mengetahui juga arus uang yang masuk ke rekening, maka Anda pun bisa mengetahui seberapa tidak kecil bisnis ini sudah melampau omzet atau belum. Selanjutnya adalah mengalokasikan keuntungan tersebut dengan baik.

keuangan bisnis online

Karena anggaran sudah disusun, maka gunakanlah dan taati sebaik mungkin. Sisihkan juga anggaran khusus untuk pos pengeluaran tak terduga yang sewaktu-waktu diperlukan untuk kelancaran produksi dan distribusi bisnis Anda. Buatlah catatan untuk setiap pemasukan yang Anda terima setiap harinya. Pemasukan ini adalah semua jenis uang yang Anda terima dari toko offline dan toko online. Catat semuanya dengan detail, mulai dari hari, tanggal, jumlah produk yang terjual, harga satuan, total penjualan dan lainnya. Aplikasi akuntansi dan keuangan seperti Jurnal membuat pemilik UKM bisa mencatat dan mengakses laporan keuangan secara lengkap juga detail, kapanpun dan dimanapun. Pemilik ukm bisa mengakses laporan keuangan dan melihat ringkasan transaksi penjualan dari multi marketplace, pos – pos pembiayaan, status laba dan rugi, hingga arus kas dalam satu dashboard.